Thursday, October 27, 2016 -
buku cerita anak,dongeng anak
No comments


Perbedan Bacaan Sastra Anak Usia Kelas Rendah dan Kelas Tinggi
1. Kelas 3-4 diberikan puisi, sastra tradisional dan cerita fantasi.
2. Kelas 5-6 diberikan puisi dan bentuk ceritan realistic kontenporer, kesejarahan, serta cerita fiksi kelimuan.
Berdasarkan psikologi kognitif, tingkat perkembangan kognitif anak sudah memiliki kemampuan:
- Menghubungkan
dan membandingkan pengalaman kongkret yang diperooleh dengan kenyataan
baru yang dihadapi.
- Membedakan
pembedaan dan memilahan..
- Menangkap
dan menyusun pengertian-pengertian tertentu berdasarkan gambaran
kongkretnya.
- Menandai
cirri ggambaran kenyataan secara aspectual, dan membuat hubungan berdasar vicarious experience.
Pada jenjang kelas terakhir, anak sudah mampu:
- Membentuk
pengertian melalui penyusunan konsepsi secara logis dan sisteatis.
- Menghubungkan
satuan-satuan pengertian secara spekulatif guna membentuk pemahaman secara
komprehensif.
- Mengambil
kesimpulan secara tentative berdasarkan spekulasi hubungan resiprokal,
pennolakan, dan penerimaan isi pernyataan dan bentuk-bentuk hubungan
secara korelatif.
Minat anak SD jenjang kelas menengah biasanya mengarah pada bentuk cerita fantasi dan cerita-cerita rakyat atau tradisional. Sedangkan kelas jenjang akhir lebih menyukai cerita realistic, kesejarahan, cerita ilmiah, dan biografi.
0 comments:
Post a Comment